HAJAR PERUT BUNCIT

Riset Buktikan Air Rebusan Ubi Bisa Turunkan Berat Badan

Sebuah penelitian mengungkap sebuah senyawa yang bisa membantu menurunkan berat badan. Senyawa tersebut ditemukan terkandung di dalam air rebusan ubi jalar.

www.beratbadan.net


Para ilmuwan dari National Agriculture and Food Research Organisation di Tsukuba menyebut bahwa eksperimen pada tikus telah membuktikan hal itu. Diyakini, efek yang sama juga bisa diterapkan pada berat badan manusia.

Menurut para ilmuwan, air rebusan ubi jalar mengandung senyawa yang disebut Sweet Potato Peptida (SPP) atau peptida ubi jalar. Senyawa tersebut dihasilkan dari pencernaan enzim dari protein pada air selama proses perebusan.

Dalam eksperimen, sekelompok tikus mendapat pengaturan makan atau diet tinggi SPP. Dalam 28 hari, teramati komposisi lemak tikus-tikus tersebut mengalami penurunan. Dengan komposisi lemak yang lebih rendah, tikus-tikus ini juga mengalami penurunan berat badan.

"Kami terkejut SPP mengurangi kadar molekul lemak pada tikus dan tampak berperan mengontrol molekul yang menekan nafsu makan," sebut para peneliti, seperti dikutip dari Dailymail.

Kaitan ubi jalar dengan penurunan berat badan bukan kali ini saja diungkap dalam penelitian. Tahun 2014, sebuah penelitian di jurnal Annals of Medical and Health Science Research menyebut tikus yang diberi asupan ekstrak ubi jalar, juga mengalami penurunan nafsu makan.


Walaupun kandungan kalorinya lebih tinggi dibanding sayuran, ubi jalar juga memiliki kandungan serat yang membuat perut terasa lebih cepat penuh. Dibandingkan sumber karbohidrat lainnya, ubi jalar sepertinya bisa menjadi pilihan untuk melengkapi program diet.

Sumber: Detik

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Riset Buktikan Air Rebusan Ubi Bisa Turunkan Berat Badan"

Post a Comment