HAJAR PERUT BUNCIT

Rahasia Langsing Meski Hobi Ngemil: Cukup Segigit dan Tunggu 15 Menit

Saat teman-teman di sekitar Anda sedang ngemil cokelat atau camilan manis lainnya, kadang keinginan untuk ikut mencobanya tak bisa ditahan. Tenang, Anda bisa kok ngemil cokelat atau camilan manis tanpa 'membahayakan' berat badan.



Seperti disampaikan oleh Brian Wansink dari The Cornell University, bahwa jika Anda memang hobi ngemil maka triknya adalah biasakan untuk mengonsumsinya cukup dengan satu gigitan saja.

Studi mengungkapkan sebenarnya dengan satu gigitan atau satu suapan saja, keinginan Anda untuk mencoba camilan tersebut lebih terpenuhi dibandingkan jika Anda memakannya banyak-banyak secara cepat.

Dalam studi ini, Wansink melibatkan sekitar 100 orang dewasa. Mereka diberikan jenis camilan yang sama, namun dalam dua porsi berbeda: porsi kecil dan besar. Hasilnya, responden yang memilih porsi besar diketahui mengonsumsi 77 persen lebih banyak kalori, dibandingkan dengan responden yang memilih porsi kecil.

Yang terpenting, kedua kelompok ini sama-sama melaporkan adanya penurunan nafsu ngemil sekitar 15 menit kemudian. Ini berarti mengonsumsi dalam porsi kecil pun sebenarnya sudah cukup untuk meredam keinginan ngemil berlebihan. Tentu saja, dengan jumlah asupan kalori yang lebih sedikit.

"Penelitian ini mendukung gagasan bahwa makan untuk kesenangan biasanya bisa dikendalikan dengan memilih porsi yang lebih sedikit. Cukup makan sedikit saja, setelah itu tunggu sekitar 15 menit. Keinginan makan makanan manis tersebut akan hilang," tutur Wansink, dikutip dari News Max Health.


Menurut Wansink, ini adalah cara efektif untuk meredam keinginan berlebihan untuk ngemil. Terutama bagi mereka yang sedang ingin menurunkan atau menjaga berat badan, tapi hobi ngemil makanan manis.

Sumber: Detik

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Rahasia Langsing Meski Hobi Ngemil: Cukup Segigit dan Tunggu 15 Menit"

Post a Comment