HAJAR PERUT BUNCIT

Akibat Makanan Berlemak Bagi Kesehatan

Bahaya dari Akibat Makanan Berlemak untuk Tubuh
Akibat makanan berlemak memang bisa membahayakan tubuh. Dampak yang paling kentara adalah timbunan lemak berlebih dalam tubuh sehingga menyebabkan obesitas atau berat badan berlebihan. Pada dasarnya, lemak dibutuhkan oleh tubuh untuk menyediakan bahan dasar berbagai jenis hormon dan enzim yang memiliki fungsi penting bagi tubuh. Selain itu lemak dibutuhkan untuk membantu proses metabolisme dengan melarutkan beberapa jenis vitamin seperti vitamin A, D, dan E. Lemak juga berfungsi sebagai pelindung tubuh dan menjaga suhu tubuh pada saat kondisi sedang dingin. Namun yang membahayakan adalah jika lemak dikonsumsi secara berlebihan oleh tubuh.
Normalnya, pembagian nutrisi yang baik dalam sekali makan adalah 40% karbohidrat, 20% lemak. 20% protein, dan 20% sisanya adalah berbagai macam vitamin dan mineral. Dengan pembagian semacam ini, maka kebutuhan nutrisi tubuh akan tetap seimbang dan sempurna. Namun kebiasaan makan masyarakat di era modern cenderung lebih mengedepankan makanan berlemak tinggi seperti makanan cepat saji, goreng – gorengan, dan lain sebagainya. Pola makan yang tidak seimbang akibat makanan berlemak mengakibatkan berbagai masalah kesehatan serius mulai dari obesitas hingga penyakit jantung. Idealnya, seorang pria dewasa setidaknya hanya memerlukan sekitar 45 hingga 85 gram setiap harinya dan wanita dewasa hanya memerlukan 40 hingga 70 gram lemak setiap harinya. Jika lemak dikonsumsi melewati jumlah kebutuhan harian yang disarankan, maka kelebihan lemak tersebut akan ditimbun sehingga bisa menyebabkan obesitas.

smart detox

Pada dasarnya ada tiga jenis makanan berlemak yang biasa kita konsumsi setiap hari. Yang pertama adalah lemak hewani yang berasal dari beberapa jenis binatang seperti daging, susu, mentega, keju, dan lain sebagainya. Lemak jenis kedua adalah lemak nabati yang berasal dari berbagai macam tumbuhan seperti cokelat, kacang – kacangan, minyak kelapa, minyak sayur, minyak kelapa sawit, alpukat, dan lain sebagainya. Lemak yang ketiga adalah jenis lemak paling berbahaya bernama lemak trans. Lemak trans ini berasal dari hasil pengolahan makanan yang bisa mengakibatkan masalah kesehatan serius seperti timbunan kolesterol hingga memicu penyakit jantung koroner. Demikianlah beberapa akibat makanan berlemak.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Akibat Makanan Berlemak Bagi Kesehatan"

Post a Comment