HAJAR PERUT BUNCIT

Jenis Stroke dan Apa Saja Penyebabnya

Apa Saja Jenis Stroke yang Perlu Anda Ketahui

Jenis stroke itu sendiri secara umum dikenal ada 3 macam dan pengklasifikasian ini dilakukan berdasarkan penyebab dari stroke itu sendiri. Jenis yang pertama adalah Ischemic Stroke, yang merupakan jenis yang paling umum terjadi. Penyebab utama dari stroke ini adalah terjadinya penyumbatan atau pengecilan arteri yang mengalirkan darah ke daerah otak. Bila hal ini terjadi, maka asupan darah akan berkurang secara drastis dan terjadilah stroke. Dalam Ischemic Stroke dikenal adanya Thromobotic Stroke yaitu stroke yang terjadi karena adanya penyumbatan di salah satu arteri yang mengantarkan darah ke otak dan juga Embolic Stroke yang terjadi bila penyumbatan tersebut terjadi di daerah arteri yang jauh dari otak.

Lalu ada juga yang dikenal dengan nama Hemorrhagic Stroke, yang disebabkan oleh bocornya atau pecahnya salah satu pembuluh darah di bagian otak. Hal ini bisa disebabkan oleh berbagai hal misalnya saja tekanan darah tinggi yang tidak terkontrol atau bisa juga karena adanya bagian pembuluh darah yang lemah. Jenis stroke yang satu ini juga dapat dibedakan menjadi dua tipe yang menjelaskan daerah dimana pembuluh darah tersebut pecah, yaitu Intracerebral Hemorrhage and Subarachnoid Hemorrhage.


Selain kedua jenis tersebut, ada juga yang dinamakan dengan Transient Ischemic Attack (TIA) atau yang sering juga disebut dengan ministroke. Stroke yang satu ini mendapat julukan sebagai ministroke karena berbagai simptom atau gejala stroke hanya terjadi dalam jangka pendek atau hanya sekitar 5 menit saja. TIA terjadi karena adanya pengurangan pasokan darah ke otak yang terjadi sementara saja. Pengurangan pasokan darah ini terjadi karena adanya penyumbatan yang menghalangi aliran darah ke otak. Walaupun hanya terjadi sementara, tindakan medis lebih lanjut harus segera diambil untuk mencegah terjadinya stroke yang lebih parah di masa  yang akan datang. Cukup sulit untuk mengetahui stroke yang mana yang diderita oleh seseorang tanpa adanya pemeriksaan atau tes lebih lanjut. Hal yang perlu dilakukan adalah segera melakukan tindakan medis sesegera mungkin bila ditemukan salah satu gejala stroke terlepas dari jenis stroke.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jenis Stroke dan Apa Saja Penyebabnya"

Post a Comment