HAJAR PERUT BUNCIT

Penyakit Kencing Manis Dan Penyebabnya

Dua Tipe Penyakit Kencing Manis
Penyakit kencing manis merupakan salah satu jenis penyakit yang banyak diderita oleh masyarakat di dunia saat ini termasuk di Indonesia. Secara garis besar, penyakit yang juga dikenal dengan nama diabetes melitus ini merupakan masalah kesehatan yang terjadi karena tubuh tidak mampu memecah kandungan gula di dalam darah menjadi energi sehingga kadar gula adalah darah menjadi terlalu banyak dan mengakibatkan banyak masalah. Diabetes melitus sendiri dibedakan menjadi dua jenis, yang pertama adalah diabetes tipe satu. Diabetes tipe satu disebabkan oleh ketidaknormalan sistem imun dalam tubuh manusia. Sistem imun yang seharusnya melawan bakteri atau virus, malah menyerang dan membunuh hormon insulin yang berfungsi sebagai pemecah zat gula dalam darah menjadi energi. Penyebab utama diabetes tipe dua biasanya disebabkan oleh faktor keturunan atau disebabkan oleh serangan virus.
Penyakit kencing manis tipe kedua adalah diabetes yang disebabkan oleh resistensi sel terhadap insulin. Resistensi ini menyebabkan pankreas, yang menjadi organ penting dalam pembentukan insulin tidak mampu lagi menghasilkan jumlah hormon insulin yang cukup untuk memecah zat gula dalam darah untuk diubah menjadi energi. Jika diabetes melitus tipe satu cenderung diakibatkan oleh infeksi virus atau keturunan, maka diabetes melitus tipe dua cenderung disebabkan oleh kebiasaan hidup yang kurang sehat. Beberapa faktor yang menjadi penyebab diabetes melitus tipe dua diantaranya adalah obesitas, perilaku pasif atau kurangnya olahraga, pola makan yang kurang sehat, hingga pengaruh usia. Jika diabetes melitus tipe satu tidak bisa dicegah, maka Anda bisa mencegah diabetes melitus tipe dua dengan cara mengubah pola hidup menjadi lebih sehat. Beberapa cara mencegah diabetes melitus tipe dua diantaranya adalah dengan menjaga berat badan agar ideal, rutin berolahraga, dan makan makanan yang sehat.

Ada beberapa gejala yang biasa dialami oleh penderita diabetes melitus seperti berat badan yang turun dengan drastis atau tidak bisa bertambah berat badan meskipun sudah makan banyak. Gejala yang kedua adalah luka yang sulit sembuh dikarenakan kadar gula dalam darah yang terlalu tinggi pada penderita Penyakit kencing manis.

smart detox

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Penyakit Kencing Manis Dan Penyebabnya"

Post a Comment