HAJAR PERUT BUNCIT

Berbagai Jenis Zat Beracun yang Terdapat pada Rokok

Zat Beracun dari Asap Rokok
Zat beracun atau toksin adalah zat-zat yang dapat memberi pengaruh buruk pada kondisi kesehatan Anda. Ada berbagai jenis toksin yang dapat masuk ke dalam tubuh Anda, baik melalui makanan, asap kendaraan bermotor, maupun melalui obat-obatan yang Anda konsumsi. Salah satu sumber toksin terbesar adalah asap rokok. Rokok adalah produk yang mengandung berbagai jenis toksin. Berdasarkan penelitian, hingga saat ini sudah ditemukan setidaknya 200 jenis toksin yang berbahaya bagi kesehatan tubuh Anda yang terkandung dalam sebatang rokok. Toksin yang terkandung dalam rokok tidak hanya membahayakan penghisap rokok namun juga bisa membahayakan orang-orang yang berada di sekitar penghisap rokok atau yang juga dikenal dengan istilah perokok pasif. Untuk mengetahui lebih jelas mengenai bahaya merokok dan bahaya asap rokok, Anda sebaiknya mengetahui jenis-jenis toksin yang terkandung di dalam rokok terlebih dahulu.
Secara umum, ada tiga jenis toksin yang terkandung di dalam rokok yang dianggap sebagai toksin utama. Jenis zat beracun pertama yang bisa Anda temukan di dalam rokok adalah nikotin. Nikotin adalah senyawa berupa cairan berminyak yang tidak berwarna. Karakteristik utama dari nikotin adalah menghambat rasa lapar. Itulah sebabnya, orang yang merokok cenderung tidak merasakan lapar. Toksin kedua yang ditemukan di dalam rokok adalah tar. Tar adalah senyawa berupa cairan kental dengan warna coklat tua atau hitam. Senyawa ini bisa didapatkan dari proses distilasi arang atau kayu. Selain itu, senyawa tar juga terkandung dalam getah tembakau. Senyawa tar inilah yang menjadi pemicu utama tumbuhnya sel kanker pada tubuh Anda.

Toksin lain yang bisa Anda temukan terkandung di dalam rokok adalah karbon monoksida. Karbon monoksida adalah senyawa berupa gas yang tidak memiliki bau. Karbon monoksida biasanya dihasilkan dari proses pembakaran tidak sempurna dari unsur karbon. Apabila senyawa ini masuk ke dalam tubuh, senyawa ini akan dibawa oleh hemoglobin ke dalam otot-otot pada seluruh bagian tubuh Anda. Karbon monoksida bersifat lebih mudah terikat dengan hemoglobin dibandingkan oksigen. Akibatnya, sel-sel tubuh Anda akan mengalami kekurangan oksigen. Selain ketiga toksin utama ini, ada berbagai jenis toksin lain yang terkandung di dalam rokok seperti ammonia, phenol, dan methanol. Anda sebaiknya mengurangi atau bahkan menghentikan kebiasaan merokok untuk menghindari resiko dari zat beracun.

smart detox

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Berbagai Jenis Zat Beracun yang Terdapat pada Rokok"

Post a Comment