HAJAR PERUT BUNCIT

Sulit Hamil Mimpi Buruk Bagi Pasangan Suami Istri

Faktor yang Mempengaruhi Permasalahan Sulit Hamil

Sulit hamil menjadi sebuah permasalahan yang dialami oleh sebagian kaum wanita pada usia produktif.  Sebelum mulai mencari tahu apa sebenarnya yang menjadi penyebab, perlu diketahui bahwa sebagian besar kaum wanita akan hamil dalam jangka waktu satu tahun setelah pernikahan. Waktu rata-rata yang dibutuhkan agar bisa terjadi pembuahan adalah sekitar 6 bulan dan buat mereka yang berusia dibawah 35 tahun sebaiknya menunggu selama satu tahun untuk melakukan konsultasi dengan dokter kandungan.  Waktu menstruasi yang tidak teratur bisa merupakan pertanda adanya ketidakseimbangan hormon dan hal ini bisa mempengaruhi hamil tidaknya seseorang.

Selain itu, ada juga berbagai kondisi medis lain yang bisa menjadi penyebab seorang wanita untuk sulit hamil. Kondisi medis yang dimaksud disini bisa berupa adanya gangguan pada kelenjar tiroid, sindrom Hughes, gangguan peradangan pada daerah pelvis atau bisa juga disebabkan oleh terjadinya penyumbatan pada saluran fallopi.  Ketidakmampuan sel telur untuk bisa melekat dengan baik pada daerah rahim setelah proses pembuahan terjadi juga bisa menyebabkan sulitnya seorang wanita untuk bisa hamil. Selain itu, faktor usia juga sangat mempengaruhi mudah tidaknya seorang wanita untuk hamil, dimana wanita berusia diatas 35 tahun akan semakin sulit untuk bisa hamil.


Permasalahan lain yang bisa menjadi penyebab kondisi ini adalah kondisi dari sel telur dan sel sperma itu sendiri. Kondisi sel telur yang kurang sehat akan membuat proses pembuahan sulit untuk terjadi. Dari pihak sang suami, kualitas dan kuantitas sel sperma itu sendiri bisa mempengaruhi persentase terjadinya kehamilan.  Oleh karena itu sangat disarankan untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut kepada kedua belah pihak untuk melihat sumber masalah atau penyebab utamanya sendiri. Satu hal yang banyak disarankan oleh para dokter kepada para pasangan suami istri yang sedang mencoba untuk mendapatkan keturunan adalah untuk melakukan hubungan seksual beberapa kali seminggu tanpa menggunakan alat kontrasepsi dalam jangka waktu minimal satu tahun sebelum melakukan pemeriksaan. Bila memang hal ini tidak berhasil, maka konsultasi lebih lanjut bisa dilakukan untuk mencari tahu penyebab dan cara penanggulangan terbaik untuk kondisi sulit hamil.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sulit Hamil Mimpi Buruk Bagi Pasangan Suami Istri"

Post a Comment