HAJAR PERUT BUNCIT

Berbagai Macam Penyakit Usus Besar

Gangguan yang Sering Terjadi Oleh Penyakit Usus Besar
Penyakit usus besar bisa menjadi gangguan yang sangat menyiksa. Usus besar merupakan salah satu organ yang penting dalam tubuh manusia. Berbagai masalah kesehatan serius bisa terjadi di usus besar jika kita lalai dalam menjaga kesehatan diri. Gangguan yang paling sering dialami adalah masalah susah buang air besar atau dikenal dengan nama sembelit. Normalnya, manusia biasanya buang air besar 3 hingga 5 kali dalam seminggu. Jika frekuensi buang air besar kurang dari itu, maka seseorang bisa disebut sebagai seorang yang menderita sembelit. Sembelit memang dianggap sebagai masalah pencernaan ringan yang tidak menimbulkan efek yang berbahaya. Namun Anda harus tetap waspada sebab sembelit bisa menyebabkan penyakit – penyakit usus besar lain yang sangat berbahaya seperti kanker usus atau radang usus.
Pada dasarnya, saat seseorang terkena sembelit, maka mereka akan menahan feses lebih lama di dalam saluran usus besar. Feses merupakan kotoran sisa pencernaan yang mengandung berbagai macam zat sampah dan bakteri berbahaya. Jika dibiarkan berada terlalu lama di dalam usus besar, maka sampah dan kotoran tersebut bisa menginfeksi saluran usus besar dan menimbulkan masalah kesehatan yang serius. Tanda – tanda penyakit usus besar yang harus Anda waspadai diantaranya adalah:
1.     Sering mengalami gangguan pencernaan seperti mual, muntah – muntah, sakit perut, diare, dan masalah pencernaan yang lain.
2.     Berat badan yang naik dan turun dengan tidak teratur.
3.     Feses berwarna merah karena adanya pendarahan pada anus atau usus.
4.     Perut terasa kembung dan mengalami kesulitan dalam mencerna berbagai jenis makanan.
5.     Kebiasaan buang air besar yang tidak teratur.

Untuk mencegah masalah pencernaan terutama usus besar, Anda bisa melakukan olahraga teratur dan menjaga agar pola makan seimbang antara lemak, karbohidrat, dan serat. Serat merupakan nutrisi yang sangat penting bagi kesehatan usus manusia. Serat bisa membantu memperlancar proses pencernaan dan bisa membantu membersihkan saluran cerna dari berbagai macam penyakit. Dengan menerapkan pola hidup yang sehat, Anda akan terhindar dari berbagai macam penyakit usus besar.

smart detox

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Berbagai Macam Penyakit Usus Besar"

Post a Comment