HAJAR PERUT BUNCIT

Anemia dan Penyebabnya

Berbagai Macam Penyebab Anemia 
Anemia adalah salah satu jenis penyakit dimana tubuh mengalami kekurangan darah. Atau bahasa medisnya adalah jumlah sel darah merah yang yang bertugas membawa oksigen ke seluruh tubuh berada dalam batas dibawah normal. Ini lah kenapa mereka yang menderita anemia biasanya sering merasakan lemas pada tubuhnya karena dalam darahnya kekurangan oksigen untuknya menghasilkan energi untuk beraktivitas. Ini tentu saja cukup berbahaya dimana saat sedang berkendara seseorang bisa tiba-tiba terjatuh dan tidak sadarkan diri.
Sampai saat ini masih banyak orang yang menganggap sepele penyakit anemia. Alasannya karena tidak berdampak secara fisik atau langsung. Hanya saja sebenarnya tidak sesederhana itu. Waspadai jika Anda sering merasa lelah atau tidak berdaya, wajah cenderung pucat, sering gelisah, sering merasa sesak dan kelopak mata juga kulit berwarna pucat. Ini mungkin anemia sudah terjadi pada diri Anda. Adapun anemia disebabkan karena kekurangan vitamin B12, zar besi, adanya gangguan pada sumsum tulang Anda, kurangnya konsumsi asam folat pada tubuh, terjadi perdarahan usus dan genetik. Selain itu, gejala lain yang lebih jelas adalah Anda merasa lelah namun denyut jantung Anda tidak teratur dan cenderung cepat. Sering jatuh sakit dan kerontokan pada rambut secara signifikan juga beberapa gejala anemia yang lebih jelas. Penyakit ini bahkan bisa terjadi pada ibu yang sedang hamil dan menyusui. Ini justru lebih berbahaya mengingat di dalam kandungannya ada bayi yang harus diperhatikan kesehatan dan keselamatannya. Jika Anda ibu hamil dan mengalami penyakit ini maka segera periksakan diri Anda ke dokter dan mintalah vitamin yang bisa memperbaiki kondisi tubuh Anda.
Penyakit ini kadang juga disebabkan atau dampak dari penyakit lainnya seperti kanker, ginjal, kesalahan pada saat transfuse darah dan lainnya. Inilah kenapa pentingnya mengetahui riwayat kesehatan Anda sendiri agar disaat terjadi sesuatu ada histori yang bisa di cek untuk mencari tahu penyebab nya. Biasanya konsumsi hati ayam atau juga vitamin penambah darah cukup membantu untuk penderita anemia.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Anemia dan Penyebabnya"

Post a Comment