HAJAR PERUT BUNCIT

Kenapa kalau stress ingin makan terus?

Berikut adalah kutipan artikel dari okezone dalam sebuah sesi talkshow:

SAAT seseorang mengalami stres, ada yang kehilangan nafsu makan, namun ada juga yang menghibur dirinya dengan makan. Kenapa bisa begitu?

Hal tersebut ternyata terjadi karena kebiasaan sejak kecil. Jika saat kecil, orangtua menenangkan dirinya dari tangisan dengan memberikan susu. Maka saat besar ketika stres, maunya makan. Demikian penjelasan dari Dr. Inge Permadhi, MS, SpGK, dokter spesialis gizi dari RSCM, saat ditemui usai talkshowmengenai bahaya obesitas dengan PT Roche Indonesia

"Ada orang yang kalau stres tidak mau makan, namun ada juga kalau stres makannya banyak. Itu bisa jadi karena kebiasaan. Waktu dia kecil kalau sedih, mungkin ibunya menghiburnya dengan memberi makanan. Atau waktu bayi saat menangis, selalu diberikan susu. Jadi saat sudah besar, sudah terbentuk kalau stres harus makan," kata Inge.

Selain itu, lanjut Inge, saat stres hormon kortisol (hormon pemicu stres) meningkat, tujuannya untuk membentuk glukosa dalam tubuh. Kenaikan hormon kortisol juga dapat membentuk penyakit cushing(penyakit yang membuat gemuk). “Karena itulah, pola ini harus diubah,” tutupnya.

smart detox

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kenapa kalau stress ingin makan terus?"

Post a Comment