HAJAR PERUT BUNCIT

Masalah Pencernaan Dan Penyakit Sembelit

Jangan Anggap Enteng Penyakit Sembelit
Penyakit sembelit merupakan gangguan kesehatan ringan yang sangat mengganggu. Jika Anda buang air besar kurang dari tiga kali seminggu, maka patut diwaspadai karena itu adalah tanda – tanda dari penyakit sembelit. Gejala sembelit diantaranya adalah perut terasa kembung, nyeri pada bagian perut, dan rasa tidak nyaman pada perut Anda. Walaupun sembelit merupakan gangguan kesehatan biasa dan dianggap tidak berbahaya namun Anda harus waspada dengan masalah kesehatan yang satu ini. Kotoran yang tersimpan sekian lama di dalam usus bisa menyebabkan iritasi dan radang pada usus karena kotoran adalah media yang paling baik untuk berkembangnya bakteri. Selain radang usus besar, sembelit juga bisa menyebabkan pengerasan feses yang dapat mengakibatkan luka pada bagian anus sehingga mengakibatkan radang anus atau hernia. Oleh karena itu penting untuk menjaga kesehatan dengan mengatur pola makan agar Anda terhindar dari penyakit yang satu ini.
Sembelit sendiri merupakan gangguan susah buang air besar yang disebabkan oleh beberapa hal. Beberapa penyebab utama dari penyakit yang satu ini diantaranya adalah gaya hidup tidak sehat dimana seseorang kurang mengkonsumsi cairan dalam jumlah cukup. Cairan merupakan zat yang dibutuhkan untuk menjaga agar metabolisme tubuh bisa berjalan dengan lancar. Asupan cairan yang cukup dapat membantu melancarkan pembuangan racun termasuk memperlancar sistem pencernaan manusia. Penyebab penyakit sembelit selanjutnya adalah kurangnya makan makanan yang sehat dan cukup serat. Makanan berserat sangat dibutuhkan untuk memperlancar pencernaan. Serat bisa membantu menyerap lemak berlebih dan racun untuk kemudian dibuang melalui feses. Serat bisa membantu meningkatkan volume feses sehingga mudah dikeluarkan. Sayuran, kacang – kacangan, dan buah – buahan merupakan sumber serat paling utama yang sangat baik untuk dikonsumsi secara teratur.

Selain itu ada faktor penyebab lain seperti faktor obat – obatan, adanya ketidakseimbangan kadar elektrolit, gangguan hormonal, gangguan syaraf,  sindrom iritasi usus besar, dan lain sebagainya. Gangguan – gangguan tersebut bisa menyebabkan seseorang menderita sembelit. Idealnya, buang air besar harus dilakukan setidaknya satu kali sehari walaupun buang air besar tiga kali dalam seminggu masih bisa dikatakan normal dan bebas dari penyakit sembelit.

smart detox

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Masalah Pencernaan Dan Penyakit Sembelit"

Post a Comment