HAJAR PERUT BUNCIT

Masalah Kesehatan Obesitas Yang Berbahaya

Masalah Kesehatan Obesitas Masih Sering dialami Masyarakat
Masalah kesehatan obesitas merupakan salah satu masalah kesehatan yang sekarang banyak diwaspadai oleh masyarakat. Obesitas atau kegemukan merupakan masalah kesehatan serius yang bisa berujung pada munculnya berbagai masalah kesehatan lain. Badan kesehatan dunia PBB atau WHO menyatakan bahwa masalah kegemukan merupakan sebuah epidemik yang jumlahnya terus meningkat bukan hanya di negara – negara maju yang lebih makmur namun juga menyerang negara berkembang seperti Indonesia. Bahkan di Amerika Serikat, masalah obesitas atau kelebihan berat badan dianggap sebagai pembunuh no 1 melampaui bahaya dari merokok. Di seluruh dunia, diperkirakan ada lebih dari 2 milyar orang yang menderita kelebihan berat badan. Indonesia sendiri berada di peringkat ke 10 dari daftar negara – negara di dunia dengan jumlah penderita obesitas paling banyak menurut jurnal medis Lancet.
Penyebab masalah kesehatan obesitas sendiri ada beberapa macam. Penyebab yang pertama adalah faktor genetik atau keturunan. Penelitian membuktikan bahwa faktor keturunan menyumbangkan pengaruh sebesar 33% kepada berat badan seseorang. Seorang yang lahir dari keluarga yang cenderung gemuk atau memiliki masalah kelebihan berat badan cenderung akan lebih mudah gemuk. Namun faktor keturunan tersebut bisa ditekan dengan pola makan yang sehat, gaya hidup, olahraga, dan kebiasaan – kebiasaan sehat lainnya. Faktor yang kedua dari obesitas adalah faktor lingkungan. Lingkungan yang dimaksud adalah pergaulan sosial dan perilaku orang – orang dan masyarakat di sekelilingnya. Faktor ketiga adalah faktor psikologis. Mental atau kondisi kejiwaan seseorang akan menentukan pola makan mereka. Kadang ada orang – orang yang melampiaskan stress dengan mengkonsumsi makanan berlebihan. Kadang ditemui pula citra diri negatif yang diakibatkan oleh kelebihan berat badan.

Faktor keempat adalah kurangnya aktivitas fisik. Masyarakat di era modern cenderung dimanjakan oleh kemajuan teknologi. Kemajuan teknologi ini secara tidak langsung telah membuat masyarakat menjadi semakin malas untuk bergerak. Kegiatan sehari – hari di era modern cenderung membutuhkan jumlah kalori yang lebih sedikit sehingga penimbunan lemak menjadi tidak terhindarkan. Menjaga pola makan dengan baik, memulai gaya hidup sehat, dan rutin melakukan olahraga adalah solusi dari masalah kesehatan obesitas.
smart detox

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Masalah Kesehatan Obesitas Yang Berbahaya"

Post a Comment