HAJAR PERUT BUNCIT

Infertilitas Sperma Bagi Kaum Pria

Mengenal Penyebab Infertilitas Sperma

Infertilitas sperma adalah salah satu penyebab sulitnya pasangan suami istri untuk bisa melakukan reproduksi atau untuk mendapatkan keturunan. Kondisi infertilitas atau kurang suburnya sel sperma pada pria hanya bisa dideteksi setelah melalui tes tertentu. Secara kasat mata, tidak ada perbedaan yang berarti antara mereka yang mengalami infertilitas dengan mereka yang tidak, karena baik proses ereksi dan ejakulasi sendiri terlihat normal. Kondisi ketidak suburan sel sperma ini sendiri merupakan permasalahan yang cukup umum ditemukan  bahkan satu dari lima kasus ketidak suburan pada pasangan suami istri terletak pada masalah infertilitas sang suami itu sendiri.

Ada beberapa penyebab telah diketahui sebagai sumber utama terjadinya infertilitas sperma. Penyebab paling utama yang banyak dialami oleh kaum pria adalah permasalahan produksi sperma. Jumlah sperma yang diproduksi bisa jadi tidak mencukupi atau tidak bisa bekerja dengan sewajarnya. Selain itu, penyebab lain yang juga umum ditemukan adalah adanya hambatan dalam proses transportasi sperma. Hambatan yang terjadi pada saluran ini membuat sperma tidak sepenuhnya ditransfer dari testis ke penis. Salah satu penyebab lain yang juga perlu diantisipasi adalah adanya produksi antibodi sperma. Hal ini terjadi pada beberapa pria, dimana terbentuk substansi tertentu yang bernama antibodi sperma yang bisa menghambat pergerakan sperma atau bisa juga menghalangi proses pelekatan sperma dengan sel telur.


Selain semua penyebab diatas, ada beberapa penyebab lain yang perlu diwaspadai.  Permasalahan seksual dimana sang pria mengalami masalah dalam melakukan ejakulasi dan ereksi  merupakan salah satu penyebab lain yang sebenarnya jarang terjadi. Ada satu lagi penyebab yang sayangnya hingga saat ini belum dapat ditemukan jenis pengobatan yang tepat, yaitu permasalahan produksi hormon.  Hal ini bisa disebabkan karena adanya gangguan pada kelenjar Pituitary  yang menyebabkan terjadinya terjadinya gangguan proses produksi testosterone. Penyebab yang satu ini merupakan penyebab yang paling jarang terjadi dan belum ditemukan jenis pengobatan yang bisa mengatasinya. Pemeriksaan lebih lanjut pada setiap individu tentunya diperlukan untuk bisa mendeteksi apa sebenarnya yang menjadi penyebab infertilitas spema.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Infertilitas Sperma Bagi Kaum Pria"